HUT Kemerdekaan RI Moment Bangkitkan Semangat Santri

426
Para ustadz dan ustadzah bersama santri berfose di depan Ponpes Darul Hikmah Medan

 

Indigo Media Promo – Momentum peringati HUT Kemerdekaan ke 73 Republik Indonesia dimanfaati bijaksana oleh Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Hikmah Medan, guna membangkitkan semangat para santri sebagai cikal bakal pemimpin masa depan.

Demikian disampaikan Ely Juliati SAG MPD selaku Plh Kepala Rumah Tangga Ponpes Darul Hikmah didampingi Kepala Sekolah Madrasah Tsanawiyah Indra Syahputra SPDI Msi.

Ely mengatakan, perjuangan para pejuang merebut kemerdekaan ini kiranya menjadikan pelajaran berharga bagi anak didik pesantren. Sehingga mampu membangkitkan semangat para santri untuk mengaplikasikan ilmu pelajaran didapatinya guna mengejar impian mereka masing-masing.

“Santri ditempah dengan tingkat kemandirian yang tinggi sehingga kelak bisa menjadi pemimpin bangsa di masa depan,” harap Ely.

Oleh karena itu, pada momentum peringatan HUT Kemerdekaan ke-73 tahun RI, Ponpes Darul Hikmah menggelar beragam kegiatan lomba selama sepekan guna mengembangkan semangat juang bagi anak didik.

Adapun kegiatan digelar sebanyak 35 cabang perlombaan. Baik perorangan, grup dan antar kelas. Untuk antar kelompok (kelas) kegiatannya yaitu futsal, lari bola, bola teropong, basket dan bola volley.

Kegiatan untuk perorangan adalah makan kerupuk. Sedangkan untuk kegiatan khas kemerdekaan juga dilaksanakan yaitu Panjat Pinang dan Tarik Tambang. Untuk Panjat Pinang diikuti oleh siswa, guru dan alumni.

“Dengan digelarnya beragam lomba ini diharapkan dapat membangun mental anak didik agar senantiasa selalu berjuang meraih cita-citanya,” tutur Ely.

Lebih lanjut dikatakan Ely, tidak hanya melalui momentum hari kemerdekaan RI, kesempatan lain juga dimanfaati pihak Ponpes untuk menempah semangat juang santrinya dalam berbagai kompetisi di bidang olahraga, seni musik dan ilmu matematika.

Di bidang olahraga, santri Ponpes Darul Hikmah selalu mengikuti Pekan Olahraga Santri Berprestasi atau Porsenas (Porseni Pesantren Tingkat Nasional). Juga mengikuti event Pramuka Pesantren Tingkat Nasional di Jambi pada bulan Oktober 2018.

Untuk bidang seni, pesantren memiliki kelompok siswa tergabung dalam Marawis dan Qasidah Rebana. Bidang Qori juga demikian.  Dan untuk bidang science, Ponpes Darul Hikmah akan mengirim salah satu siswanya untuk mengikuti kompetisi matematika di Malang.

“Dengan demikian kami berharap bisa menempah santri menjadi pejuang yang terampil dengan mengedepankan aqidah akhlak yang baik sesuai tuntutan agama Islam,”harap Ely sembari berharap kepada pemerintah agar memberikan perhatian besar untuk perbaikan fisik bangunan pesantren sehingga tidak membedakan dengan sekolah umum lain. LAU