Konjen Malaysia di Medan Pecinta Kopi Mandailing

82
Konsul Jenderal (Konjen) Malaysia di Medan, Aiyub Omar saat meramu kopi buatannya di dapur rumahnya beberapa waktu lalu. Foto : Beck's

Medan – Indigo Media Promo

Indonesia dikenal sebagai salah satu surganya bagi pecinta kopi dunia. Sebab banyak kopi dari negeri ini menjadi primodana diantaranya adalah kopi Mandailing.

Kopi Mandailing berasal dari daerah Mandailing Natal, Kabupaten Pakantan. Ditanami di daerah penggunungan bukit barisan. Spesies kopi yang banyak ditanam adalah jenis Arabika. Namun ada juga menanam jenis robusta tapi jauh lebih sedikit jumlahnya.

Kopi Mandailing dikenal memiliki cita rasa dan aroma yang kuat. Jadi tak heran kalau banyak orang meminatinya termasuk Konsul Jenderal (Konjen) Malaysia di Medan, Aiyub Omar.

Pria berusia 45 tahun ini mengaku mencintai kopi Mandailing lantaran rasanya yang enak dan cocok di lidah. “Di Malaysia tak banyak kopi enak yang mempunyai pelbagai varian seperti di sini (sumatera utara). Kalau pun ada pasti mahal,” ungkap ayah dari 6 orang anak tersebut.

Aiyub Omar merasa beruntung ditugaskan sebagai Konsul Jenderal Malaysia di Medan. Karena bisa lebih mudah mendapatkan ataupun merasakan kopi-kopi kelas dunia. “Di Medan gampang cari kopi. Selain merasakan kopi Mandailing, saya juga sering merasakan kopi Gayo Aceh maupun kopi asal sumatera lainnya,” ujarnya.

Menurut Aiyub Omar, dirinya mengenal kopi sejak bertugas di kedutaan besar Malaysia di Spanyol pada tahun 2004. Kecintaanya terhadap kopi tumbuh akibat mengikuti kebiasaan masyarakat setempat yang setiap harinya meminum kopi. Alhasil, Aiyub Omar pun lambat laun terbiasa sehingga kopi menjadi salah satu minuman yang harus dinikmatinya setiap hari.

Kata Mahasiswa lulusan University Oxford, Inggris itu, Ia suka mengambil segelas espresso waktu sarapan dan kopi latte pada siang hari dengan sedikit gula. Sehingga ia bisa merasakan kenikmatan kopi sesusai dengan seleranya.

Bagi Aiyub Omar, meminum kopi tidak hanya sebagai kebiasaan ataupun gaya hidup semata, namun lebih dari pada itu, juga dapat menambah semangat dalam bekerja. “Setiap hari saya minum kopi bahkan sehari mau 4 kali,” tuturnya.

Akibat kebutuhan meminum kopi dalam setiap harinya itu, Aiyub Omar pun tak sungkan untuk membeli mesin espresso merek mewah dari Itali, La Spaziale dan penggiling kopi rumahan. Mesin ini sengaja dipajangkan di dapur rumah. Agar memudahkannya untuk membuat kopi saat menjamu tamu yang datang ke rumahnya.

“Kebetulan saya suka sekali menggiling kopi, makanya itu, kalau ada tamu yang datang pasti saya menjamu mereka dengan kopi,” tutup Aiyub Omar sembari mengaku sering dikirimi kopi dari berbagai relasi. *Beck’s.