Semoga Erwin Siahaan Jadi Sosok Pahlawan Memperjuangkan Nasib Musisi Medan

270
Erwin Siahaan Sekretaris Komisi III DPRD Medan. Foto : Ist

MEDAN – INDIGO MEDIA PROMO

Menyikapi arahan Erwin Siahaan selaku Sekretaris Komisi III DPRD Medan, untuk memastikan pembahasan lebih lanjut terkait nasib musisi/pemusik reguler tidak bisa bekerja sementara waktu,  dalam rapat fraksi DPRD Medan mendatang, mendapat sambutan hangat dari para musisi.

Mereka berharap, Erwin Siahaan, tidak hanya bisa jadi corong dalam menyalurkan aspirasi, namun juga menjadi sosok pahlawan yang bisa memperjuangkan nasib musisi. Lantaran mulai gamang dalam memenuhi biaya kebutuhan sehari-hari bersama keluarga masing-masing. Akibat penutupan sementara pusat hiburan di Medan karena dampak dari penanggulan pencegahan wabah virus corona (Covid-19).

Ranto Hutauruk vokalis Marsalaon Band menuturkan, dalam kondisi ini, Ia dan mungkin saja kawan-kawan musisi lainnya merasakan dilema. Antara mengikuti peraturan pemerintah agar berdiam diri di rumah demi kebaikan diri sendiri, dengan desakan kebutuhan setiap hari harus terpenuhi.

Namun setelah mendengar adanya insiatif Erwin Siahaan tersebut, tentunya harus didukung oleh musisi/pemusik reguler. Meskipun masih dalam tahap akan dibicarakan di tingkat rapat fraksi DPRD Medan.

Ia berharap, dari dana Rp100 miliar yang dipersiapkan pemerintah kota Medan tersebut, ada dana kompensasi yang bisa disisikan untuk para musisi/pemusik reguler yang kebanyakan menggantungkan dari upah harian. Termasuk juga untuk para pekerja upah harian lainnya.

“Semoga Erwin Siahaan jadi sosok pahlawan memperjuangkan nasib kami musisi ini,” harapnya.

Demikian hal yang sama juga disampaikan oleh Irsan Sulaiman (Ichan) selaku keyboardist sekaligus leader D’City Band. Meskipun diakui Ichan secara personal tidak begitu mengenal sosok Erwin Siahaan, namun Ia mengucapkan terima kasih atas dukungan dan upaya wakil rakyat itu untuk memperjuangkan nasib para musisi/pemusik reguler.

Menurut Ichan, saat ini kebanyakan musisi/pemusik reguler sudah sangat kesulitan. Tidak tahu sampai kapan harus jadi penggangguran. Karena musik adalah sandaran hidup baginya dan keluarga.

“Saya mewakili teman-teman musisi mengucapkan terima kasih jika pak Erwin mau memperjuangkan nasib kami sebagai musisi reguler/event kota medan ini. Kami siap hadir untuk mendukung pak Erwin jika dibutuhkan dalam rapat tersebut,” kata Ichan.

Kemudian dukungan lainnya juga datang dari Muhammad Amrullah (Ilunk Bass) basis dari Atzugari Band mengatakan, sangat layak mendukung Erwin Siahaan, untuk memperjuangkan nasib para musisi/pemusik reguler.

Alasannya sederhana, Erwin mau membantu mencari jalan keluar dari kondisi rumit yang dirasakan musisi saat ini. Jadi harus didukung oleh para musisi.

“Jika tujuannya positif membantu pelaku seni,kenapa tidak didukung,” ujarnya sembari berharap wakil rakyat juga bisa mengingati para pelaku bisnis hiburan agar bisa lebih menghargai dari sisi honor yang diberikan kepada para musisi.

Sementara itu, Sonny Siagian drumer Nu-X Project menyebutkan, walaupun masih sering terjadi krisis kepercayaan masyarakat terhadap wakil rakyat saat ini, namun Sonny optimis, Erwin Siahaan dapat dipercaya. Bahkan berharap, sebagai wakil rakyat yang masih muda, Erwin bisa vokal dan lantang dalam menyuarakan isi hati musisi yang saat ini tengah kebingungan.

“Tak ada alasan maupun jalan lain selain mengadu persoalan musisi yang saat ini terpuruk ke wakil rakyatnya. Mereka adalah sandaran dan harapan kita sekarang ini. Semoga langkah Erwin dimudahkan sehingga dapat memberikan manfaat bagi kita semua,” pinta Sonny.

Selanjutnya, Yusri Sembiring (Yusri) gitaris Royal Band mengemukakan, dana kompensasi sangat dibutuhkan musisi dalam kondisi saat ini. Karena bisa menjadi dana pengganti bagi musisi yang terpaksa tidak bekerja lantaran program pemerintah dalam penangan pandemi Covid-19.

“Semoga bang Erwin bersama kami mendengarkan suara hati kami musisi-musisi ini,” tutup Yusril. *Beck’s