SMAN 5 Medan Dukung Bakat dan Kemampuan Siswa

566
Kepala Sekolah SMAN 5 Medan Drs Haris H Simamora MSi

 

Indigo Media Promo – Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 5 Medan tetap konsisten serta mengapresiasikan bakat serta kemampuan siswa dari berbagai bidang baik ilmu pendidikan, seni hingga olahraga.

Demikian disampaikan Kepala Sekolah SMAN 5 Medan Drs Haris H Simamora MSi kepada Indigo Media Promo saat memperingati HUT Kemerdekaan ke 73 Republik Indonesia di SMAN 5 Medan beberapa waktu lalu.

Peringatan HUT Kemerdekaan ke 73 RI berlangsung khidmat dan meriah. Beragam kegiatan perlombaan digelar mulai di bidang, seni, kebersihan, baca puisi dan futsal. Kegiatan lomba berlangsung selama 3 hari berturut-turut.

Menurut Haris, setiap tahunya pihak sekolah menggelar kegiatan perlombaan dalam menyemarakan HUT RI. Selain untuk meramaikan, juga dimanfaati oleh pihak sekolah untuk melihat bakat serta kemampuan siswa diberbagai bidang.

“Tidak hanya melalui moment HUT kemerdekaan, setiap kesempatan lain juga kami terus ikuti dan melihat perkembangan bakat serta kemampuan siswa,” ujar Haris.

Dukungan pihak sekolah terhadap siswa berbakat terus dilakukan pihak sekolah. Bahkan selalu ikut mengirimkan siswanya untuk meramaikan kompetisi yang digelar baik di tingkat Provinsi maupun Nasional. Dengan harapan, siswa-siswa ini mampu mengharumkan nama sekolah.

“Di bidang olahraga , beberapa bulan lalu siswa SMAN 5 Medan baru saja menjuarai kompetisi karate dan mendapat medali perak di Jakarta,” sebut Haris.

Selain bidang olahraga, kegiatan ekstrakurikuler siswa seperti Paskibraka juga cukup diperhitungkan. Buktinya, terpilihnya 3 orang siswa perwakilan Paskibraka dari SMAN 5 Medan untuk pengibaran bendera di tingkat provinsi. Bahkan, sering diundang untuk mengikuti kejuaran tingkat Provinsi.

“Untuk tahun depan, kami berharap anak didik kami dari pasukan Paskibraka dapat lolos seleksi ke Istana Negara,” harap Haris.

Proses seleksi masuk menjadi Paskibraka SMAN 5 terdiri dari 3 bagian yaitu,  testing mental meliputi pengetahuan mental sebagai anggota dan mental sebagai prajurit. Kemudian Testing Fisik meliputi, lari, sit up, push up dan pull up. Terakhir Testing Akademik meliputi Ujian psikotest dan ilmu pengetahuan umum.

Sedangkan untuk persiapan upacara penaikan bendera HUT Kemerdekaan RI setiap tahunnya, para Paskibraka berlatih selama 14 hari setiap hari. Dan Jumlah Paskibraka SMAN 5 Medan yaitu 35 orang. Terdiri dari pasukan 17 berjumlah 12 orang, pasukan 8 berjumlah 9 orang dan pasukan 45 berjumlah 12 orang. LAU