Transaksinya Bayar Pakai LinkAja

32
Tampak sejumlah pengunjung saat melakukan aktivasi akun dan isi saldo di booth LinkAja di area acara Pekan QRIS Nasional 2020. Foto : Ist

MEDAN – INDIGO MEDIA PROMO

Daripada bayar transaksi menggunakan kanal pembayaran merek luar, lebih baik bayar pakai uang eletronik LinkAja. Selain mudah dan terpercaya, Anda juga mendukung karya anak bangsa.

LinkAja adalah uang elektronik nasional kebanggaan Indonesia berbasis server yang merupakan produk andalan dari PT Fintek Karya Nusantara (Finarya). Bekerjasama dengan PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) dan sembilan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yaitu PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Pertamina (Persero), PT Asuransi Jiwasraya (Persero), dan PT Danareksa (Persero), PT Kereta Commuter Indonesia, PT Jasamarga Toll Road Operator, serta PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Persero).

Saat ini, LinkAja telah banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Bisa digunakan untuk apa saja. Cukup mudah dan sangat trendy bukan?

Haryati Lawidjaja, POH Direktur Utama LinkAja mengatakan, kehadiran LinkAja diharapkan dapat meningkatkan kebiasaan bertransaksi secara elektronik di tengah masyarakat, serta memperluas akses layanan keuangan digital kepada segmen unbanked dan underbanked.”jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan, hingga saat ini, para pengguna LinkAja yang ada di Kota Medan dapat melakukan pengisian saldo dan tarik tunai dengan mudah di berbagai macam titik cash in dan cash out seperti, jaringan modern retail seperti Alfamart & Indomaret, Bank Himbara (Himpunan Bank Milik Negara), ATM Link Himbara, jaringan ATM Bersama, Kantor Pos, dan Pegadaian yang ada di Kota Medan.

Menyediakan berbagai kemudahan bertransaksi, warga kota Medan sudah dapat menggunakan LinkAja pada berbagai titik transaksi lokal, seperti transportasi publik (Damri menuju Danau Toba), modern retail (Suzuya Superstore, Kasimura Supermart, K3 Mart, Maju Bersama Supermarket), kawasan kuliner dan hiburan (Medan Night Market, Funland Mikie Holiday), pasar tradisional (Pasar Beruang, Pasar Buah Berastagi), serta berbagai pusat perbelanjaan (Cambridge City Square, Manhattan Times Square) dan rumah makan kenamaan (Ayam Penyet Ria, Mie Ayam Haji Mahmud, dll) yang menjadi favorit warga Medan.

Meriahkan Pekan QRIS Nasional 2020 di Medan

LinkAja juga turut serta memeriahkan kegiatan Pekan QRIS Nasional 2020 yang sedang dilaksanakan di 46 kota di seluruh Indonesia terhitung sejak 9 hingga 15 Maret 2020. DI Medan, Pekan QRIS Nasional 2020 digelar di Lapangan Benteng medan, Minggu (15/3/2020) berlangsung meriah.

Tujuan kegiatan ini untuk memperkenalkan kepada masyarakat luas mengenai manfaat penggunaan QR Code Indonesia Standard (QRIS) dalam berbagai transaksi harian.

Mendukung penuh akselerasi implementasi QRIS di seluruh Indonesia, bekerja sama dengan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Dalam Negeri (KPwDN) Medan, LinkAja melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman dengan Universitas Pembangunan Panca Budi dan PT. Bank Pembangunan Daerah Sumatra Utara di Lapangan Benteng.

Ruang lingkup kerja sama strategis antara LinkAja dengan Universitas Panca Budi meliputi implementasi elektronifikasi transaksi di Kantin di area kampus dengan menggunakan QRIS sebagai kanal pembayaran.

“Kami menyambut positif adanya Pekan QRIS Nasional 2020 di kota Medan. Sebagai bentuk dukungan penuh, kami juga melakukan sinergi strategis dengan Universitas Panca Budi dan Bank Pembangunan Daerah Sumatra Utara. Kami harap kerja sama ini dapat semakin memperkaya ekosistem transaksi nontunai yang telah kami hadirkan sebelumnya di Medan,” ujar Haryati Lawidjaja.

Sementara itu, ruang lingkup kerja sama antara LinkAja dengan PT. Bank Pembangunan Daerah Sumatra Utara meliputi fungsi bank sebagai merchant aggregator, fasilitas cash in dan cash out bagi pengguna LinkAja, serta sebagai metode dalam pembayaran Pendapatan Asli Daerah dan kerja sama saling mendukung pengadaan mitra Layanan Keuangan Tanpa Kantor (Laku Pandai).

Pekan QRIS Nasional 2020 yang dilakukan di Medan dengan tagline “Ayo Pake QRIS!” ini dilatar belakangi oleh banyaknya merchant yang belum menggunakan QR Code sebagai kanal pembayaran, ataupun penggunaan QR Code yang belum menggunakan standar QRIS.

Diharapkan setelah Pekan QRIS Nasional 2020 ini diadakan terjadi peningkatan jumlah pengguna QRIS baik dari sisi merchant maupun pengguna di berbagai macam ekosistem yang ada di Kota Medan, salah satunya Universitas Pembangunan Panca Budi maupun di lingkungan Pemerintah Daerah di Provinsi Sumatra Utara.

Sebagai uang elektronik yang ingin memberikan kemudahan kepada para pengguna, LinkAja bersama industri ikut berpartisipasi aktif dalam pengembangan standarisasi QRIS. Telah mengadopsi standar spesifikasi teknis QRIS sejak awal beroperasi, interoperabilitas semakin terbuka dan mudah untuk digunakan.

Dengan adanya satu QRIS, seluruh merchant LinkAja dapat menerima pembayaran dari beragam penerbit sistem pembayaran lainnya. Hingga saat ini, LinkAja telah memenuhi standar QRIS PTEN yang dapat digunakan di ratusan ribu merchant yang telah bekerja sama di seluruh Indonesia. Rel/Beck’s